Search This Blog

Skripsi Sistem Informasi Data Pegawai Pada TVRI Stasiun X Menggunakan Visual Basic 6.0

(Kode INFORMAT-0033) : Skripsi Sistem Informasi Data Pegawai Pada TVRI Stasiun X Menggunakan Visual Basic 6.0

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi dewasa ini tidak terlepas dari semakin makin bertambah majunya teknologi komputer. Kebutuhan akan teknologi komputer pun semakin diminati oleh perusahaan-perusahaan disegala bidang, baik perusahaan swasta maupun pada dinas-dinas pemerintah. Hal ini berkaitan dengan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya selalu dilakukan secara manual oleh manusia akan semakin cepat dan efisien apabila dilakukan dengan sistem komputerisasi. Bahkan dengan kecanggihan teknologi komputer yang semakin berkembang dengan pesat dapat memudahkan perusahaan-perusahaan tersebut untuk meningkatkan efisiensi kerja karena pekerjaan yang dilakukan dengan komputer dapat menghemat baik dari segi waktu, ruang, tenaga, biaya, dan lain-lain.
Begitu juga halnya dengan TVRI Stasiun X, kebutuhan terhadap suatu sistem pengolahan dan penyampaian data yang baik sudah tidak dapat ditunda lagi, mengingat hal-hal yang telah diterangkan sebelumnya. Akan tetapi, pada kenyataannya, segala kegiatan yang menyangkut informasi pendataan pegawai pada TVRI Sumut saat ini masih menggunakan Microsoft Office Excel, dimana sistem pendataannya kurang efisien mengingat begitu banyaknya pendataan pegawai.
Tergerak dari segala permasalahan yang telah terjadi tersebut, penulis berkeinginan membuat suatu solusi yang mudah-mudahan dapat membantu kinerja pada kantor tersebut. Penulis dalam hal ini memilih TVRI Stasiun X dalam melakukan risetnya, untuk menampakan perkembangan yang lebih baik dalam berbagai bidang yang dijalaninya, terutama dalam teknologi informasi dan komunikasi.
Sehubungan dengan ketertarikan penulis terhadap permasalahan serta perkembangan yang terjadi di TVRI Stasiun Sumut, penulis berkeinginan membantu instansi tersebut untuk mengubah sistem penyampaian informasi yang telah ada sebelumnya, sehingga mempermudah semua pihak yang membutuhkan segala informasi yang ada di instansi tersebut. Atas dasar inilah, penulis tertarik mengangkat judul “SISTEM INFORMASI DATA PEGAWAI PADA TVRI STASIUN X MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0”.

1.2 Perumusan Masalah
Menyadari akan keterbatasan kemampuan manusia dalam menyelesaikan pekerjaan yang semakin meningkat dan rumit. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana menciptakan suatu sistem yang cepat, cermat dan teliti serta up-todate dengan menggunakan bantuan komputer untuk melakukan informasi pendataan pegawai dengan jumlah pegawai yang banyak.
Mengingat akan kurang efisiennya pekerjaan tersebut apabila dilakukan secara manual khususnya terhadap penggunaan waktu dalam pendataan pegawai, maka perlu adanya suatu sistem yang mampu dengan cepat serta memiliki ketelitian dalam melaksanakan suatu sistem informasi pendataan pegawai dengan menggunakan komputer. Oleh karena itu penulis mencoba membuat suatu sistem informasi pendataan pegawai dengan menggunakan salah satu aplikasi pada komputer yang berbasis windows, yaitu Microsoft Visual Basic 6.0.

1.3 Maksud dan Tujuan
Maksud dari pembuatan Tugas Akhir ini untuk mencari dan mengetahui bagai mana cara untuk mengatasi masalah-masalah dan kelemahan juga menciptakan suatu sistem baru yang cepat dan akurat pada suatu instansi dalam proses pendataan pegawai, khususnya pada TVRI Stasiun X, dengan menggunakan perangkat lunak yaitu bahasa pemograman Visual Basic 6.0.
Sedangkan tujuan dari pelaksanaan Tugas Akhir ini adalah untuk mencari suatu jalan keluar dan penerapan yang dibutuhkan dalam hal pelaporan pendataan pegawai sehingga dihasilkan suatu informasi yang diperoleh dengan mudah dan cepat, guna meningkatkan efektifitas dan efesien dan memanfaatkan fasilitas komputer.

1.4 Metode Penelitian
Dalam menyusun Tugas Akhir ini, penulis melakukan penerapan metode penelitian dalam memeperoleh data – data yang dibutuhkan sehingga penyusunan tugas akhir ini dapat diselesaikan dengan baik. Adapun metode penelitian yang penulis lakukan adalah dengan cara :
1. Penelitian Lapangan
Yaitu suatu aktivitas penelitian untukmencari data-data yang lengkap dan akurat yang berkaitan dengan judul yang diteliti. Penelitian lapangan dilakukan dengan observasi langsung ke lapangan dan melakukan pencatatan-pencatatan terhadap penemuan yang dianggap perlu dilakukan.
2. Penelitian Pustaka
Yaitu suatu aktivitas penelitian dengan cara mengumpulkan data, informasi dan keterangan melaluibuku-buku dan majalah secara teoritis ilmiah ada hubungannya dengan masalah yang sedang diteliti.
3. Wawancara (Interview)
Yaitu peneliti melakukan pertanyaan langsung kepada para pegawai yang dianggap memiliki pengetahuan dan pengalaman terhadap permasalahan yang di amati.
4. Observasi (Pengamatan)
Yaitu melakukan pengamatan langsung ke objek penelitian untuk mengamati secara dekat masalah yang dihadapi dan melakukan pencatatan terhadap temuan secara khusus.

1.5 Kegunaan Penelitian
Dalam membuat suatu rancangan sistem informasi, tentunya kita ingin menciptakan suatu sistem yang siap pakai dan sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna. Bertitik tolak dari permasalahan tersebut kita harus melakukan penelitian, yang mana nantinya akan menambah wawasan melatih penulis guna menyesuaikan diri pada saat terjun ke dunia kerja dan demi pengembangan ilmu pengetahuan.

1.6 Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan dari Tugas Akhir ini adalah :
BAB I PENDAHULUAN
Membahas tentang latar belakang, perumusan masalah, maksud dan tujuan, metode penelitian, kegunaan penelitian, sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Membahas tentang Visual Basic 6.0 secara singkat, pengertian komputer, pengolahan data, basis data (database), sistem informasi, struktur program Visual Basic 6.0.
BAB III TINJAUAN ORGANISASI
Membahas tentang sejarah singkat perusahaan, dan struktur organisasi.
BAB IV PERANCANGAN SISTEM
Membahas tentang rancangan data base, algoritma, program dan juga tampilan program.
BAB V IMPLEMENTASI SISTEM
Membahas tentang pengertian dan tujuan implementasi serta penerapan sistem.
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN
Membahas tentang kesimpulan yang dapat diambil oleh penulis dan saran-saran yang dapat diberikan oleh penulis.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »